Senin, 25 Februari 2013



UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
FAKULTAS AGAMA ISLAM
KELAS: GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI)

UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Waktu : Sesuai Jadwal


  1. Jelaskan secara komprehensip pengertian teknologi informasi dan komunikasi.
(Mencakup pengertian teknologi, teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan konvergesi teknologi sehingga menjadi teknologi informasi dan komunikasi, dilengkapi dengan tahun dan contoh).

  1. Sebagai seorang pendidik di jenjang pendidikan dasar, ceritakan apa yang akan Anda lakukan untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sesuai dengan usia peserta didik yang menjadi tanggungjawab Anda. (berarti ada pemanfaatan untuk siswa usia kelas rendah, kelas 1,2, dan 3 serta usia kelas tinggi kelas 4, 5, dan 6.)

  1. Sekolah sebagai organisasi tentu tidak luput dari pengaruh eksternal seperti sosial, ekonomi, politik dan budaya. Menurut  pengalaman dan pengamatan Anda apakah budaya mempengaruhi teknologi informasi dan komunikasi atau teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi budaya, ataukah budaya dan teknologi informasi dan komunikasi saling mempengaruhi satu sama lain. Jelaskan jawaban Anda dan berikan contoh-contohnya.

  1. Maraknya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap aspek kehidupan manusia tentu akan mempunyai dampak negative, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Menurut Anda apa yang perlu dilakukan Anda lakukan sebagai pendidik untuk meminimalisir dampak negative tersebut, dengan mengacu kondisi masyarakat dan pemerintah Indonesia pada saat iini.

  1. Peran dan kebijakan apa yang Anda harapkan dari pemerintah atau Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan agar pendayagunaan  teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan berhasil  menunjang peningkatan kualitas pendidikan? (jangan hanya terpaku pada peralatan saja, ingat ada software, hardware, brainware, dan organware)

&&&&&&&&&&&&&&

TUGAS.
Jawaban disusun dalam bentuk makalah dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Minimal 15 halaman
  2. Kertas A4
  3. Font arial 12
  4. 1,5 spasi
  5. Tiap nomor soal menjadi sub-judul
  6. Sistematika penulisan:
a.    cover
b.    daftar isi
c.    pengantar/pendahuluan
d.    pembahasan
e.    kesimpulan/rangkuman
f.     daftar pustaka
Catatan.
Kerjakan sebaik mungkin, karena untuk membantu nilai akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar